TETESAN TINTA HITAM PELAPIS KASIH SAYANG

TETESAN TINTA HITAM PELAPIS KASIH SAYANG




IQBAL- Tema : IBU  kasih sayangmu sepanjang masa                 
                 Tetesan Tinta Hitam Pelapis Kasih Sayang

           Seraut wajah dipenuhi peluh keringat.Muka yang tak pernah jenuh menemani hari-hariku.Kerutan kening di dahinya melukiskan bahwa fikiran yang bercabang telah membuyar dalam fikiran dan urat sarafnya, yang senantiasa datang secara silih berganti setiap hari yang telah tuhan hadirkan untuknya.
                        
         Nuraini, itulah namanya, ia lahir dari rahim seorang ibu yang luar biasa, sehingga menjadi seorang wanita yang begitu perkasa dan tangguh. Ia adalah sosok sejarah yang jarang disorot oleh media sosial, yang hanya terekam dalam fikiranku yang lemah ini.Aku yakin, bahwa hadirnya ia ke dunia ini hanyalah untukku, dan membahagiakan hidupku, yang mungkin saja hidupku akan menjadi datar tanpa adanya ritme kehidupan serta nada kasih sayang darinya.                                                                            

          Aku sangat kenal juga faham akan siapa dia, tanpa adanya selapis hijab penghalang dan sehelai kain pembatas dalam mengenal, mencatat, bahkan merasakan kelembutan sentuhan halus dan lembut dari popongan tangannya sejak ia melahirkan aku ke dunia dengan buaian cintanya yang begitu tersentuh dalam hati sanubariku.Dialah tempat aku berteduh sebelum melihat indahnya dunia fana ini, selama 9 bulan lamanya aku menetap di terowongan pelindung akan tubuh dalam kesucian, dan tatkala aku lahir engkau mendidik hingga aku tumbuh besar dan mengenal siapa tuhan yang mencipkan aku, kamu dan mereka.
                                                                                           .                   
              Aku telah melangkah lebar dari  perjalanan masa kecil, dan kini aku telah menjadi seorang remaja yang nakal, keras kepala, dan pembangkang, begitu jauh dari sifat kasih sayang yang telah dilatih oleh seorang ibu yang senantiasa bertutur lemah lembut dan selalu berusaha untuk melembutkan hati demi  terwujudnya seorang anak  laki-laki yang sholeh, yang betapa ia impikan dalam tidur, dan yang ia panjatkan dalam do’a harapan seiring menengadahnya wajah disaat sembah sujudnya kepada sang khaliq. Tapi suatu ketika disaat lebaran tiba, gelombang besar telah menghantam tali cintaku padanya, tatkala ia terlupa untuk membeli sepasang pakaian lebaran untukku, yang sangat kusukai dan kuharapkan pada ibu tuk dapat membelinya di hari lebaran tahun ini. Akan tetapi untuk adik dan abang kandungku, ibu tak lupa membelikan masing-masing sepasang celana dan baju batik berlapis less hitam untuk mereka.Dengan seketika itu wajah yang penuh harap bercampur senang menunggu datangnya baju baru kini telah menjadi masam dan sinis,senyuman manis dari bibir indah ini telah meredup dan gelap, layaknya langit yang cerah yang ditutupi oleh bongkahan awan hitam yang  menghadirkan  langit dunia yang mendung.Ketika itu aku bergegas dari hadapannya tanpa mengubris penjelasan dari kelupaanya tadi.                       
Aku beranjak cepat sambil melontarkan kata-kata sadis, sebagai pelampiasan kemarahanku padanya:                                                                                                              
              "mama pilih kasih” , ucapku marah                                                                                                   “mama memang tidak pernah sayang sama aku” ujarku kemudian.                                          “mama adalah orang tua paling jahat yang pernah kutemui”  kataku dengan suara berteriak, Bisikan demi bisikan kian tergiang di telingaku, ibarat nyamuk yang sedang kehausan akan darah manusia.Beribu kata hinaan terucap dari bibir ini, ibarat air bah yang mengalir kepenuhan, dan berani mengatakan “aku benci ibu”. Fikiranku telah dihantui oleh berbagai bisikan halus yang mengatakan orang tuaku menganggap aku anak pungut yang ditemukan di pinggiran sampah yang kotor, mereka tidak peduli padaku, mereka lebih menyanyangi abangku karna dia adalah anak sulungnya, dan begitupun dengan adikku, mereka lebih menyanyagi adikku karna dia merupakan anak bungsunya yang masih berumur sebesar benih padi.                                                               

                Sungguh ungkapan yang  teramat menyakitkan, sehingga menyentuh lubuk hatimu ibu, seakan telah dilukai oleh sayatan silet yang membelah dada, dan menaburkan darah segar dari dalam tubuh yang menimbulkan luka yang mungkin takkan dapat disembuhkan oleh seorang ahli kesehatan dan medis.                                                               

                Malam semakin larut, aku pun tertidur seusai membaca Alqur’an  dan bercanda riang bersama adikku sampai aku tertelap dengan sendirinya, Seketika aku merasakan ada bunyi telapak kaki yang melangkah menyelinap ke kamarku dengan perlahaan, namun aku biarkan saja, mataku begitu berat karna mengantuk. Tiba-tiba sebuah tangan halus menyentuh pipiku , sembari ia berkata : “Nak, maafin mama ya !!  mama lupa membelikan baju lebaran untukmu,,kemarin mama terburu-buru sayang, karna ada kawan mama yang kecelakaan, bukan mama tidak sayang padamu, tapi mama memang benar-benar lupa sayang , mama sayang sama anak mama, sama Iqbal, adikmu Rajul, juga abangmu Firdaus. Tak ada niat mama milih kasih antara anak-anak mama, karna bagi mama kalian adalah buah hati mama, tak pernah terbesit dalam hati mama untuk membenci kamu nak. maafin mama ya sayang !!!!! ujarnya penuh penyesalan sambil ia menarik selimut menyelimutiku agar terjaga dari angin malam yang menyapa dan nyamuk nakal yang  menganggu lelap tidurku, kemudian ibu pun berlalu keluar.Seketika  aku terbangun, dengan perasaan layaknya orang mengalami mimpi buruk di malam hari. Dengan nafas yang terengah, aku bertanya pada hatiku, apakah ini mimpi ??“Seakan aku telah mendengar ucapan kata maaf dari ibuku”  diriku bertanya dalam hatiku..    

              Aku merasa tertegun,,air mata ini tak kuasa aku membendungnya, aku menangis !!!!!       “aku menyesal ibu”!!!! ucapku dalam hati,, aku pun keluar menuju kamar ibuku yang berada tidak jauh dari kamar tidurku. Aku melihat ibu hendak masuk ke kamarnya, lalu aku memeluknya dari belakang dengan hati yang dipenuhi rasa bersalah, sembari mengucapkan kata maaf :                        
                “ma ,, maafin iqbal ya ma”,, tuturku sambil bersimpuh di kakinya dengan deraian air mata.                       
“iqbal telah salah faham sama mama” ujarku penuh penyesalan, kemudian ibuku menjawab sambil tersenyum tenang :                                                                                                                                  “iya, sayang , itu semua salah mama”sahut ibuku.                                                                        “mama sayaaaang kali sama anak mama” apalagi sama anak mama yang ganteng kaya gin 
                “ujarnya sambil menyentuh hidung yang sedikit mancung ini,, hehe ibuku tertawa kecil.Ia menjawab dengan sekenanya, aku melihat bahwa tak ada sedikitpun rasa benci dari hatinya kecuali hanya senyuman keikhlasan yang terpancar jelas dari bibirnya.ya sudah , sekarang iqbal tidur ya sayang,, dan lupakan semua, sahutnya kemudian dan berlalu masuk ke kamarnya.                                                                                                          

          Hari demi hari telah kulewati, seiring bergulirnya waktu disaat itu pula kasih sayangmu tiada henti menyapaku, layaknya rintikan hujan yang turun membasahi bumi dan menjadi embun bagi setiap rumput yang telah gersang akan air kasih sayang.“ you are the best mom for me !!!!! itulah kata yang sepatutnya aku ucapkan sebagai kata cintaku terhadapmu ibu, yang senantiasa engkau curahkan pada kami. Aku terbangun di sepertiga malam, seketika ibu datang ke kamarku kemudian duduk disampingku,”aroma tubuhnya berbau khas dapur,” pasti ibuku baru selesai memasak” ucapku dalam hati.                                                                                                                                                                
            “ Kok bangun nak, mau sholat tahajjud ? tanya ibuku sembari tersenyum..                                “Aku pun tersenyum,, ia ma, iqbal terbangun karna kepanasan, sekalian aja sholat tahajjud,, sahutku ,,,                                                                                                                                         “Oh begitu,,!! Sahutnya lagi.                                                                                                             
 Kemudian suasana menjadi hening ,                                                                                                     “Mama baru selesai masak ? tanyaku kemudian..,,                                                                                 “ia sayang,, ayahmu baru pulang kerja, katanya ayah lagi lapar,, oh ya nak , bisa tolong bangunkan ayahmu sebentar,, mama sedikit tidak enak membangunkakannya, takutnya menganggu.                                             " Baik ma ",, sahutku penuh keikhlasan.
Hari ini aku terbangun pagi sekali, aku merapikan tempat tidur dan hendak beranjak ke kamar mandi yang bermaksud untuk mencuci muka.Setapak aku baru menghayunkan langkah, seketika ibuku telah datang ke kamarku dengan membawa segelas susu hangat dan 2 potong roti kering yang sering dipersiapkan ibu untuk sarapan pagiku. Ia bercerita panjang lebar tentang apa yang telah ia rasakan terhadap saudara kandungku yang umurnya tidak terpaut jauh dariku, Ia merupakan seorang laki-laki yang sangat ibuku banggakan, karena ia adalah anak laki-laki pertama yang ia miliki sebelum aku, ia adalah abangku yang selalu dibanggakan ibu dan ayahku. Namun kini ibuku sering dibuatnya menangis dengan pergaulannya yang liar, dan sifatnya yang pemalas dan ugal-ugalan dijalanan membuat ibuku khawatir akan terjadi sesuatu hal yang tidak ia inginkan terjadi terhadap anaknya. Akan tetapi itu semua tidaklah membuat ia lupa kepada kami, senyuman manis bentuk ketabahan dari sudut bibirnya tak pernah hilang. seketika ia berkata :                                                             
“iqbal, kamu jangan lupain mama ya,,?? Ucapnya dengan wajah sedih.                                         
 “ Ia ma,Umur mama mungkin sudah tua, namun rasa sayang iqbal takkan pernah  pudar untuk mama meskipun iqbal telah menikah nanti,,sahutku, “terima kasih ya sayang, mama  sayang sama kalian anak-anak mama,, sahutnya lagi. 

Bibirnya yang pucat telah menjadi lembab karena dibasahi oleh air mata yang menetes di pipinya yang kusam.Dia mengangkat wajahnya dan memandang seketika pada wajahku dengan bola mata yang berbinar air mata, yang apabila hendak ia berkedip maka akan tumpah airnya.Kemudian ia berdiri sambil menghapus air mata yang telah penuh dalam kelopak matanya yang lesu.kemudian aku bertanya pada ibuku :           
 
“Mama nangis ????  tanyaku penuh haru.                                                                                              
“Eh, hm, Tidak sayang,, mama hanya sedang teringat abangmu saja”jawabnya mengelak.Perasaanku jadi bingung melihat ibuku, aku tak berani mendekatinya, di satu sisi aku takut ibuku akan malu karena menangis, tapi di sisi lain aku ingin mencoba menghibur  layaknya ibu dahulu menghiburku disaat menangis sambil merengek dalam ayunan kayu dengan di iringi goyangan kaki ke kiri dan kanan.Mulut ini terkunci, tiada sepatah kata pun yang mampu ku ucapkan kecuali hanya terdiam, ibu bercerita panjang lebar tentang hidupnya yang asik, katanya?.Aku yakin bahwa hidupnya memiliki beribu kisah pahit namun beberapa diantaranya ditemani kejadian manis pula. Ibu berdiri tegak di hadapan kamarku, yang luas kamarnya tersebut tidak begitu besar, yang telah dibangun lama dengan desain yang istimewa oleh seorang arsitektur rumahan, yaitu ayahku sendiri, yang sifatnya sangat kritisi dan berwatak keras, namun ayahku sangat menyanyangi kami, dan seharusnya juga bagiku untuk mencintai sang ayah tanpa mengingat akan sifatnya yang selalu mengkritik dan membandingkan setiap kelebihan adikku dengan kekuranganku. Yang mana setiap harinya memojokkanku dalam setiap hal yang adik kandungku itu mampu melakukannya sedangkan aku tidak.Dan Ibu selalu membela ayah dengan berbagai alasan, dengan maksud agar aku mampu bangkit dari keterpurukan dan mampu melawan sengitnya persaingan di masa depan, dengan demikian aku menjadi anak yang lebih di hargai orang lain dan juga ayahku sendiri, dengan rajin belajar dan merubah rasa takut yang dahulunya sering menemani menjadi orang cerdas dan pemberani juga agar keluarganya kian untuh dan terlindungi dari berbagai problema dalam rumah tangganya.                                      

Kehidupan adalah misteri, Hari esok juga misteri, dan bahkan beberapa menit yang telah berlalu juga misteri yang pada awalnya semua orang tak pernah tahu sekenario sang pencipta. Ia ibarat jalan tol yang terjulur panjang menyusuri kota dimana tempat aku berteduh, Aku tidak tahu persis sampai batas mana aku harus melangkah, namun aku selalu akan tegar dengan semangat dan dukungan sang ibu untukku dalam menjalani hidup dan mencari  titik akhir mencapai suatu kesuksesan.                                
        
Harta benda bukanlah segalanya bagiku, dengannya takkan mampu mengubah hati menjadi lebih baik dan lembut, karna didalamnya tiada terdapat ruh yang mampu menggerakkan hati menjadi tegar dan tenang, namun sang ibu, ia mampu menjadi pelita hati dalam kegelapan, menjadi penyejuk jiwa disaat amarah menjadi tuan dan menduduki tahta mahkota hati
TETESAN TINTA HITAM PELAPIS KASIH SAYANG TETESAN TINTA HITAM PELAPIS KASIH SAYANG Reviewed by IQBAL MAULANA on June 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.