cerpen inspirasi ''Tetesan Embun Penyegar Hidupku, (ISLAM)''


TETESAN EMBUN PENYEGAR HIDUPKU (ISLAM)




Kehidupan adalah skenario tuhan yang telah tersusun rapi dalam setiap lembaran kuasanya. Begitulah ungkapan yang pernah kudengar dari para pujangga yang dituangkan dalam setiap bait-bait melalui tinta penanya. Ungkapan yang tak asing kudengar namun tak kunjung ku memahami kata-kata itu.                                                                                

Iqbal Maulana, itulah namaku, sosok pria tampan yang dilahirkan 19 tahun silam dari pernikahan pasangan keluarga sederhana Tuan Zulkifli dan Nyonya Nuraini, yang kini sosok pria itu telah merangkak jauh dari harapan suci kedua orang tua yang sangat membanggakannya.                              
Perjalanan hidup seakan tiada lagi berarti, kegundahan hati kian merasuki ke dasar jiwaku. Langkah kaki yang kujalani kian terlumuri oleh dosa-dosa, kejahatan yang terjadi oleh ulah tanganku telah berceceran ke sembarang hati. Pembunuhan, penabur kebencian, dan segala keburukan telah kulakukan hingga bahkan aku begitu repot menghitung puing-puing dosa itu yang telah berkecamuk dan menyatu dalam tubuh yang satu.

Malam telah berlalu, pagi pun perlahan mulai tanpak. Sejuknya angin tatkala subuh hari terasa sampai menyentuh tulangku. Rintikan hujan pun mulai turun membasahi bumi dunia, Gerimis hujan turun menyentuh aspal hitam dan memercikkan air ke celana yang telah kusingkap sampai kelutut. Baju bermerek lea yang kukenakan juga telah basah kuyup hingga membuat badanku menggigil dengan gerak tak menentu. Aku terduduk di halte bus yang berada tak jauh dari jalan tempat berlalu-lalangnya para pencari nafkah untuk orang-orang yang mereka cintai. Dengan wajah yang merengut aku menatap lurus ke jalan, tanpa sucuil senyuman yang tanpak dari wajahku kecuali hanya tatapan kosong yang dipenuhi oleh beribu tanda tanya kegalauan hati.    Hidupku kini telah hancur dan tak berarti laksana ceceran dedaunan yang diterpa riuhnya angin malam, dan terombang-ambing tanpa adanya arah yang pasti.                                                                        
 Mungkin ini adalah takdirku, Ucapku dalam hati.                                                                  
Mungkin ini adalah takdir tuhan menjadikan hidupku seperti ini. Lanjutku kemudian                              
Bisikan itu kian sering terbesit dan terngiang dalam fikiran yang lemah ini. Seketika sosok gadis tak kukenal duduk di dekatku, dengan memakai kerudung merah dan memegang sepasang mukenah putih yang didekapkan ke dadanya. 
                                                                                                                      
Siapa  dia ?? tanyaku dalam hati                                                                                                          Wajah itu begitu asing dari pandangan mataku. Bukannya aku penduduk asli komplek ini ?? tanyaku pada diri sendiri..                                                                                                                                  Atau mungkin ia adalah pendatang baru dan akan tinggal di komplek ini, sehingga aku tak mengenalnya. Fikiranku masih bertanya-tanya, tapi entahlah, untuk apa aku memikirkan orang asing yang tentunya takkan berarti apa-apa bagiku, Fikirku singkat. Aku mencoba tenang dan tak menghiraukan gadis itu, meskipun terkadang  aku mencuri kesempatan untuk melihat sosok bidadari fajar yang turun tatkala subuh tiba seiring dengan meningginya mentari pagi, begitulah umpama yang terlukis di mataku akan rupanya yang begitu cantik dan mempesona. Namun ternyata lirikan mata elangku tak secepat kilat disaat aku melihat para musuh yang pernah kutawan dan kubunuh beberapa bulan yang lalu semasaku berstatus sebagai pembunuh bayaran.           
Heee ,, kenapa anda melihatku seperti itu?? Tanya gadis itu                                                               
Eh , ehm, tidak tidak, aku tak melihat kau. Jawabku dengan nada kikuk karena rasa malu.                      
Seketika suasana pun menjadi hening …....                                                                                                    
Nama kau siapa ? Tanyaku memberanikan diri                                                                                        Ulfa Mailysa, panggil saja Ulfa, atau  Fa ,, Jawabnya menatapku. 
Oooo oke,,, Ulfa,,,, hmmm Fa.                                                                                              
Fa saja, aku lebih senang dipanggil demikian, itu panggilan sayang ibuku kepadaku. Jawab gadis itu dengan sedikit tersenyum melihat keluguanku dan jawaban yang sedikit nervous.                                   
Kau tak takut padaku ?? Tanyaku kemudian.                                                                                      Kenapa harus takut, bukankah yang harus kita takutkan adalah tuhan ???? Jawabnya simple.              Bulu romaku seketika bangun dan suasana hatiku menjadi dingin tak karuan.                 
Tuhan ?? tuhan , tuhan, tuhan. Mulutku melafazkan kata-kata itu.                                                                
Iya, tuhan. anda tak mengenal tuhan ? tanyanya dengan mengerutkan kening.                                        
Anda beragama islam bukan ? anda memiliki kartu pengenal ? tanyanya lagi.                                      Aku pernah mendengar kata-kata itu. Ini ,,, jawabku setelah  membuka dompet dan menunjukkan Ktp pada gadis tersebut.                                                                                                                              Anda pernah Sholat, ? atau Salawat, ?                                                                                    
Sholat ? tanyaku kemudian.                                                                                                                 Dimana aku bisa menemuinya ?? lanjutku dengan rasa penasaran.                                                                
Setelah sekitar lebih kurang 6 jam kami berbincang, seketika adzan dikumandangkan……                  

Itu adalah panggilan sholat, datanglah kesana, dan temui tuhanmu di mesjid. Gadis itu tersenyum lalu pergi.                                                                                                                                                       Aku beranjak pergi dengan beribu tanda tanya mengawang di fikiranku.Aku melangkah menuju mesjid berkubah putih, dengan badan lemas akibat minuman keras yang kuteguk semalam. Sesampainya disana aku menemui sosok laki-laki tua yang tengah memasuki pintu gerbang mesjid.                                              
Hee pak tua, aku mencari tuhan, seorang wanita yang kutemui tadi mengatakan tuhan ada disini.Tanyaku dengan suara mabuk.                                                                                                         Laki-laki tua itu tersenyum, lalu berkata, Wahai anakku tuhan itu berada dihatimu,, yang mampu mempertemukan ia denganmu adalah dirimu sendiri. Jawab laki-laki tua itu.                                         Hah , yang benar saja pak ? tanyaku merasa dipermainkan.                                                                Tentu saja, Jawabnya tersenyum,, Apa kau benar-benar ingin bertemu tuhan ??                                     Iya pak , dimana dia ? Tanyaku penasaran.                                                                                               Ikuti saya , agar imanmu terasa lebih mantap wahai anakku. “Asyhadu An Laaa Ilahha Illallah“,, Wa Asyhadu Anna Muhammadur Rasulullah”                                                                                          Aku mengikuti kata-kata itu dengan suara terbata-bata. Hingga seterusnya aku melafadzkan sampai berulang kali.                                                                                                                                 Pulanglah wahai anakku, temui kedua orang tuamu, dan mintak maaflah kepada mereka, setelah selesai permintaan maafmu, kembalilah kesini. Saya akan menunggumu disini,. Jawabnya sembari tersenyum.                                                                                                                                                

Waktu terus berganti, layaknya sebuah roda yang berputar tanpa titik henti. Gaya hidup islami telah mengubahku menjadi insan yang lebih baik dan berbudi luhur. Keadaan hati kini mulai terang, jalan yang dahulu berliku seakan terjulur searah dengan langkah kaki dan membawaku dalam nuansa ketenangan dan damai.                                                                                                                         

Hari-hariku dipenuhi oleh tetesan air mata yang membasahi sajadah sujudku. Hobiku yang dahulu kugemari adalah nongkrong kini telah berubah dengan duduk tawarruk memanjatkan do’a ampunan. Di atas sajadah yang terjulur panjang aku duduk sendiri seiring bertasbih memuji nama sang pencipta, Allah Subahanahu Wata’ala.                                                                                                     Assalamu’alaikum wahai anakku,, sebuah suara terdengar dari belakangku. Dan ternyata suara itu adalah suara K.H. Abdullah yang biasanya sering ku memanggilnya laki-laki tua.                                         
Wa Alaikumus Salam Kiayi,, Silahkan duduk Kiayi Abdullah.                                                                        
Baik, wahai anakku Iqbal Maulana. Terima kasih banyak, jawabnya dengan senyuman.                               
Wahai anakku, kini engkau telah mengenal tuhan bukan ? Ia adalah sosok pencipta kamu,Ibumu,ayahmu dan seluruh orang-orang yang bernyawa di bumi ini. Kini hidupmu telah menjadi pribadi yang baik. Aku menginginkan kamu menjadi pengurus mesjid ini, kamu yang akan mengumandangkan nama tuhanmu setiap masuknya waktu sholat dengan suara indahmu hingga terdengar ke plosok komplek ini. Apakah kamu bersedia wahai anakku ?? kiayi Abdullah bertanya padaku                             
Baik kiayi, dengan izin Allah, jika itu baik tentunya akan saya lakukan dengan sepenuh hati.                   
Syukurlah wahai anakku, saya sungguh bahagia mendengarnya. Ada satu hal lagi yang hendak saya uratakan padamu, wahai anakku. Ujanya kiayi Abdullah                                                                         Apa itu wahai kiayi ? jawabku penuh rasa penasaran.                                                                         Kamu adalah anak yang baik, kamu juga pemuda yang mau berusaha sekaligus berani. Saya ingin Ananda Iqbal Maulana menikah dengan putri saya yang pertama. Sebentar lagi ia akan kesini menemuimu.                                                                                                                                               Wahai guruku spiritualku, Kiayi Abdullah. Bukannya aku tak mau menikahi anakmu, namun aku ingin memohon restu dari kedua orangtuaku terlebih dahulu. Jawabku dengan suara pelan.                              
Assalamu’alaikum wahai ananda kami Iqbal Maulana. Suara itu mengejutkan aku hingga aku memalingkan wajah, dan ternyata itu adalah ibu dan ayahku.                                                                   Mama dan ayah merestui hubungan kalian anakku, Ulfa Mailysa anak sosok gadis yang baik, ia juga memiliki agama yang benar yaitu islam, mama yakin hidupmu akan bahagia jika kamu menikah dan berumah tangga dengannya. Ia telah datang, pandanglah kewajahnya, bentuk wajah manis itu begitu indah dengan kerudung merah yang membungkus mahkota kepalanya, hatinya begitu bersih dan suci dari noda yang berasal dari tangan jahil pria-pria liar.  
Seketika aku terdiam, dan memerhatikan rupa nan mempesona itu, ternyata ia adalah sosok gadis yang kutemui di halte bus sebulan yang lalu, dan bahkan aku sempat bermimpi ia datang kepadaku di suatu malam sendirian sambil tersenyum manis.                                                                            Bagaimana anakku ? Kekayaan tak usah kamu fikirkan. Ia memang terlahir dari sebuah keluarga yang miskin, namun wahai anakku hatinya sangat kaya akan ilmu dan itu akan membuatmu lebih bermakana dalam menjalani hidup. 
Aku berusaha menghela nafas, lalu berkata, Wahai ibu dan ayah yang aku cintai. Wahai guruku yang aku hormati, aku sangat mencintai anakmu, dan aku setuju menikahinya. Tapi apakah putrimu setuju menikah denganku ? tanyaku dengan penuh rasa malu.                                                                           Aku hanyalah seorang pemuda pendosa, beribu kesalahan telah kulakukan hingga aku tak tahu pada hati siapakah cintaku harus berlabuh yang sekufu dengan denganku. Lanjutku kemudian.                                   
Aku bersedia wahai Iqbal Maulana, aku tak melihat siapa kamu dahulu, karena aku pun tak lebih baik darimu. Dosaku laksana butiran pasir di pesisir pantai, yang bahkan aku tak mampu untuk menghitungnya. Ujar gadis itu menyakinkanku.                                                                                       Aku yakin engkau adalah sosok yang tepat untukku, aku sungguh tak pernah tahu persis bagaimana keadaanmu dahulu, namun entah mengapa hatiku begitu yakin terhadapmu. Hidupku adalah untuk masa depan, dan itu bersamamu. Lanjutnya kemudian dengan tersenyum. Hingga aku merasa yakin dan pantas menjadi imam dalam keluarga dan keturunanya nanti.                                       
                                           
Perjalanan hidup terus berlanjut, hari demi hari suasana hatiku kian bahagia, bertambah lagi dengan hadirnya sosok penyemangat hidupku. Aku telah menikah dengan sosok partner rumah tangga yang baik untuk keturunanku nanti. Dan nuansa kenyamanan dan ketentraman telah ku miliki sejak detik ini, dan aku berjanji untuk menjadi sosok imam yang pantas dalam hidupya, dan begitu juga dengannya, cinta dan sayangnya yang berasal dari hati yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada sang khaliq dan karena itu cintanya tumbuh terhadapku.                                                                    

Kehidupan adalah misteri, Hari esok juga misteri, dan bahkan beberapa menit yang telah berlalu juga misteri yang pada awalnya semua orang tak pernah tahu sekenario sang pencipta. Ia ibarat jalan tol yang terjulur panjang menyusuri kota dimana tempat aku berteduh, Aku tidak tahu persis sampai batas mana aku harus melangkah, sebagai insan tuhan aku harus membenah diri menjadi hamba yang layak menduduki surganya nanti, karena surga adalah kado terindah tuhan untukku setelah istriku.                                    

Harta benda bukanlah segalanya bagiku, dengannya takkan mampu mengubah hati menjadi lebih baik dan lembut, karna didalamnya tiada terdapat ruh yang mampu menggerakkan hati menjadi tegar dan tenang, namun islam, ia mampu menjadi pelita hati dalam kegelapan, menjadi penyejuk jiwa disaat amarah menjadi tuan dan menduduki tahta mahkota hati.      
10632575_1509176689331127_8832795959750904202_n-1 (2).jpg



Aku yakin engkau adalah sosok yang tepat untukku, aku sungguh tak pernah tahu persis bagaimana keadaanmu dahulu, namun entah mengapa hatiku begitu yakin terhadapmu. Hidupku adalah untuk masa depan, dan itu bersamamu.
                             ….. Lanjutnya kemudian dengan tersenyum.
                                                                                                               ULFA MAILYSA

                                                                                                
cerpen inspirasi ''Tetesan Embun Penyegar Hidupku, (ISLAM)'' cerpen inspirasi ''Tetesan Embun Penyegar Hidupku, (ISLAM)'' Reviewed by IQBAL MAULANA on December 04, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.